Minggu, 25 Agustus 2024

Bung Karno di Titik Nol Jogja

HALO, Sobat Pikiran Positif? Mumpung masih Agustus, kita ngomongin pahlawan yuk. NKRI yang resmi berdiri tanggal 17 Agustus 1945 'kan sebab perjuangan para pahlawan. Mulai dari pahlawan yang namanya tercatat oleh tinta emas sejarah, hingga pahlawan tak dikenal.

Nah. Kali ini yang hendak kubicarakan adalah Bung Karno. Mengapa Bung Karno yang kupilih? Simpel saja alasannya. Karena tempo hari ketika malam-malam lewat Titik Nol Jogja, ada patung Bung Karno di pojokan perempatan. Patungnya pun berukuran raksasa sehingga mencolok mata.


Kalian pasti tahu beliau 'kan? Kalau sampai tidak tahu kok ya sungguh keterlaluan. Bung Karno atau yang nama lengkapnya Soekarno adalah proklamator kita. Dengan didampingi oleh Bung Hatta, beliau menyatakan kemerdekaan Indonesia 79 tahun silam. Di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, pada Jumat tanggal 17 Agustus 1945.

Sungguh. Luar biasa besar ukuran patung Bung Karno yang kujumpai itu. Aku malah penasaran, bagaimana cara mengangkutnya dari studio (tempat pembuatan) sampai ke situ. Ke pojokan Gedung BNI yang ada di perempatan Titik Nol Jogja itu.


Namun, sayang sekali aku tidak menemukan keterangan tentang patung Bung Karno tersebut. Sudah celingukan ke sekitar patung, di bawah-bawah dekat kedua telapak kakinya, tetap tak kutemukan keterangan. Jadi, diriku tak tahu itu karya siapa dan dibuat dari bahan apa. 

Memang sih, aku dan dua temanku malam itu langsung tahu kalau patung berukuran raksasa tersebut adalah patung Bung Karno. Kukira orang-orang Indonesia pada umumnya juga tahu. Akan tetapi, para wisatawan mancanegara 'kan rata-rata tidak tahu. Tatkala malam itu pun aku sempat melihat seorang mas bule nan tamvan celingukan ke sekitar kaki patung. Rupanya dia mencari keterangan juga. Yang tentu saja hasilnya nihil.

Yeah! Apa boleh buat?

15 komentar:

  1. Bung karno presiden Pertama indonesia. Keren sih ini orang, belom pernah foto foto sama patungnya, hehe. Makasih kak


    Cinezone

    BalasHapus
  2. Lhoo mbaa patung Bung Karno ini baru? Perasaan beberapa tahun lalu mampir Jogja kok belum ada ya patung raksasa di pojokan perempatan. Tapi sayang yah kalo ngga ada keterangan apa2 di sekitar patung beliau.

    BalasHapus
  3. Melihat perbandingan ukurannya dengan perempuan cantik di depannya, memang besar nih patungnya...Sayang sekali tak ada keterangan apapun, hm mungkin semacam tes orang yang lewat tahu ga ya itu patung siapa

    BalasHapus
  4. ini disebelah mananya ya mba? kayanya baru brp bulan lalu ke jogja belum kelihatan, apa aku yg gak perhatian ya? hihi
    memang sayang skali ya mba, tp banyak patung soekarno dimana2 jg tidak pakai keterangan apa-apa

    BalasHapus
  5. Wah, patung Bung Karno di Titik Nol Jogja emang keren banget! Penasaran banget gimana cara bawa patung sebesar itu ke sana

    BalasHapus
  6. Patung baru ya mbak? Tinggi banget ya patungnya. Akhir-akhir ini sepertinya semakin banyak patung bung Karno yang dibuat di beberapa kota ya.

    BalasHapus
  7. Kayaknya pas ke Jogja terakhir kali belum ada patung Bung Karno ini di dekat BNI. Apa mungkin saya yang tidak memperhatikan aja yaaa...
    Semoga di patung tersebut diberi keterangan ya nantinya agar orang asing bisa tau sejarah tentang Indonesia melalui patung Bung Karno ini.

    BalasHapus
  8. Sungguh mengharukan melihat sosok Bung Karno kembali hadir di tengah-tengah kita, tepat di titik nol Yogyakarta. Patung ini bukan hanya sebuah karya seni, tetapi juga simbol semangat juang dan nasionalisme yang tak pernah padam. Semoga semangat beliau terus menginspirasi generasi muda Indonesia

    BalasHapus
  9. Memang bisa dipastikan kalau orang Indonesia dewasa bisa mengenal patung bung Karno. Tapi memang sebaiknya disertakan juga informasinya ya. Patung itu didirikan dalam rangka apa, kenapa di sana dan sebagainya...

    BalasHapus
  10. Patungnya baru ya, Mbak? Sepertinya waktu dulu ke Yogya dan jalan-jalan di Titik Nol, belum lihat patung ini deh.

    BalasHapus
  11. Patung itu sepertinya mengandung nilai sejarah. Aku jadi penasaran, insyaallah kalau ada kesempatan semoga bisa berkunjung ke sana dan tempat-tempat lainnya di Jogja.

    BalasHapus
  12. Sepertinya patung Bung Karno ini khusus disiapkan dalam rangka menyambut HUT RI, ya, karena sebelum-sebelumnya perasaan ga ada patung Bung Karno di sudut BNI Yogya ini.
    Coba kalau di kasih keterangan informasi patung ini, pasti jadi bahan literasi yang bermanfaat buat para turis, apalagi turis mancanegara, ya

    BalasHapus
  13. Loh beberapa kali ke Jogja, selalu lupa pengen ngambil foto bareng bung Karno. Terus gimana nih mas mas bulenya? harusnya kasih tau aja, bahwa patung itu adalah proklamator Kemerdekaan RI.

    BalasHapus
  14. Wah, aku baru tau kalau ada Patung Bung Karno di Titik Nol Jogja. Semoga wisatawan (termasuk dari mancanegara) lebih aware dengan kehadiran dan sejarah Bapak Proklamator kita ini, ya.

    BalasHapus
  15. Aku kira patungnya permanen..
    Nanggung banget disitu spotnya taunya dalam rangka bulan kemerdekaan aja hehe

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!